Bingung Mau Buka Online Coffee Shop? Wajib Baca Ini

Pertumbuhan bisnis online di Indonesia semakin berkembang dengan beragam produk unik dan kreatif, tidak terkecuali dengan bidang kuliner yang juga merambah secara online.

Bisnis kopi nggak cuman dilakukan pada suatu kedai, anda dapat manfaatin online platform untuk ngembangin bisnis kopi. Tentunya ini berbeda dengan bisnis kafe dan restoran. Anda nggak harus membutuhkan banyak alat resto. Anda hanya membutuhkan strategi online yang tepat untuk memasarkan kopi anda.

Dalam bisnis online coffee shop, anda harus menyesuaikan strategi anda dengan kebutuhan pasar. Jika anda bingung bagaimana memulainya. Cukup lakukan 3 hal dibawah ini.

 

Rancangkan Konsep Anda

 

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah buat konsep online business anda akan seperti apa. Anda dapat memilih konsep website, social media, atau mobile apps. Konsep anda menentukan seberapa besar orang akan tertarik pada produk kopi yang ditawarkan.

Dengan digital concept yang unik dan menarik akan memudahkan anda menjangkau banyak customer. Pastikan dengan konsep yang anda buat, anda selalu update produk dan promosi kopi anda.

 

Baca juga: Ingin Mencoba Bisnis Online? Perhatikan Hal Penting Berikut Ini

 

Tentukan Jenis Produk

 

Langkah berikutnya yaitu menentukan jenis produk kopi anda. Online coffee shop tidak menjual kopi seduh. Jadi anda harus memperhatikan kualitas jenis kopi yang bakal anda tawarkan ke pasar. Ketahui juga apa yang menjadi kebutuhan pasar terhadap kopi. Jenis kopi yang memiliki ciri khas unik akan memudahkan anda menarik banyak customer.

 

Tentukan Target Plan

 

Setiap usaha memiliki rencana target untuk menentukan sejauh mana usaha tersebut dapat berjalan. Target plan dibuat untuk memperkenalkan produk anda dan mengetahui besarnya minat pasar terhadap usaha anda.  

Target plan dapat ditujukan hanya untuk lokal atau bahkan sampai internasional. Tergantung seberapa mampukah anda mempromosikan kopi anda dan seberapa besar kualitas yang anda berikan.

Bisnis kopi dapat dijadiin peluang ide bisnis online dimana anda nggak selalu harus stay di kedai untuk menjual kopi. Anda dapat manfaatin online platform sebagai wadah untuk ngembangin bisnis anda. Selain itu Anda juga dapat mengkolaborasi bisnis kopi ini dengan bisnis mie instant seperti cup noodles yang mana saat ini menjadi mie favorite banyak orang.

Intinya, semua tergantung pada strategi dan komitmen anda dalam menjalankan bisnis.