Begini sejarah awal pembuatan Indomie

Indomie merupakan produk mie instan pertama di Indonesia. Dengan begitu, Indomie menjadi icon untuk mie instan. Sehingga, banyak orang menggunkan kata “indomie” untuk mie instan meskipun yang di konsumsi brand lain.

Pertama kali produk Indomie diluncurkan oleh PT. Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd pada tahun 1972 dengan varian rasa sari ayam dan udang. Namun, pada tahun 1994 produk indomie di ambil oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. 

Semenjak itu, produk indomie memiliki rasa yang bervariasi, salah satu yang terkenal dan menjadi favorit masyarakt lokal maupun mancanegara adalah Indomie Goreng. Variasi ini sangat sukses dipasar lokal maupun dunia. Hal ini dibuktikan banyak youtuber dari berbagai negara membuat video mukbang makan indomie.

Kepraktisan dan kemudahan dalam penyajian indomie menjadi salah satu hal yang menarik minat perhatian konsumen. Tidak hanya itu, harga yang terjangkau untuk semua kalangan, serta aroma Indomie yang menggugah selera makan.

Kesuksesan indomie tidak terlepas dari tim promosi dan penjualan Indofood Indonesia yang mampu dan berhasil dalam memasarkan. Tidak hanya populer populer di Indonesia, namun indomie sudah menembus penjualan dunia, yakni Thailand, Amerika, Belanda, Hongkong, Arab Saudi, dan beberapa negara lainnya.

Bagian promosi dan penjualan Indomie berhasil untuk menanamkan produk indomie di alam bawah sadar konsumen. Tanpa disadari, setiap orang yang memanggil mie instan lainnya dengan sebutan “Indomie” kendati merek lain yang dikonsumsi.

Tidak hanya itu, tagline produk indomie pun terbilang berhasil, karena terekam dan tersimpan di setiap konsumen, yakni Indomie Seleraku.

Tidak hanya dari segi pemasaran dan promosi yang, namuan Indomie terbuah dari bahan – bahan yang aman dan pastinya berkualitas. Mulai dari Mie samapai packaging. Apa saja?  Berikut bahan – bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan Indomie;

Bahan :

  • Tepung Terigu – ( Bogasari Flour Mills)
  • Minyak Goreng – (Salim Ivomas)
  • Bumbu – (PT. Food Ingredient Development)
  • Kartong Packing – (Raci Pack dan Puri Nusa)
  • Etiket – (Supermova, Prima Makmur, Respati, Cipta Kemas Abadi)

Proses Pembuatan Indomie

Dengan bahan – bahan yang aman, lalu bagaimana dengan pembuatan mie? Ini dia proses pembuatan mie instan Indomie yang menghasilkan rasa yang terenak sedunia.

Simak..

 

Mixing (Pencampuran)

Pada tahap pertama, pencampuran tepung terigu dengan air akali (Campuran anatra air dengan beberapa bahan yang ditentukan). Sehingga menghasilkan adonan yang merata dan homogen.

 

Pressing (Pengepresan)

Tahapan ini merupakan tahapan kedua, dimana andonan yang sudah homogen akan mengalami proses roll press. Sehingga adonan akan mengalami peregangan saat di press, serta terjadi relaksasi. Hal ini akan menghasilkan lembaran yang lembut, elastik, homogen, serta tidak terputus dengan ketebalan tertentu.

 

Slitting (Pembentukan Untaian)

Pada tahapan ini, adonan yang sudah menjadi lembaran mengalami prose pemotongan, sehingga menjadi untaian mie. Lalu untaian mie melewati prosen lain atau laluan berbentuk segi empat, yakni waving net. Sehingga gelombang mie dapat merata.

 

Steaming (Pengukusan)

Pada tahap ini, untaian mie yang sudah dibentuk, dikukus. Pada proses ini mengalami proses gelatinisasi pati dan koagulasi gluten, sehingga untaian mie akan memiliki tekstur lunak, lembut, elastid, serta terlindungi dari enyerapan minyak terllau banyak saat di goreng.

 

Cutting and Folder (Pemotongan dan Pencetakan)

Pada tahapan ini merupakan proses mmeotong lajur untaian mie dengan ukuran tertentu. Untaian mie dipotong dengan menggunakan peralatan seperti pisau yang berputar.

 

Frying (Penggorengan)

Pada tahapan ini, mie mengalami proses penggorengan. Setelah itu, merendam mie di dalam media penghantar panas. Tujuan dari tahap ini alah mengurangi kadar iar pada mie, serta pemantapan pati tergelatisasi.

 

Cooling (Pendinginan)

Pada tahapan ini, mie didinginkan dngan suhu kurang lebih 30 O sebelum di kemas dengan etiket. Dengan suhu yang rendah, indomie akan lebih awet untuk disimpan, selain itu menghindari penguapan air yang dapat menyebabkan penjamuran.

Indomie memang merupakan mie instan yang gampang dibuat sehingga tak heran kalau banyak anak kost-an yang menyetok indomie sebagai makanan instan tambahan. Nah, selain indomie, ternyata ada juga mie instan lain yang gak kalah enaknya. Mie UFO adalah mie produksi Jepang yang saat ini juga dijual di Indonesia dan merupakan salag satu mie instan favorite karena rasanya yang unik dank has.