Hal-hal Penting Yang Harus Ada di Dalam Financial Planning Anda

f:id:doorygrab:20180905140535j:plain

Menyiapkan perencanaan keuangan merupakan hal yang wajib untuk setiap masyarakat, apalagi yang sudah berkeluarga. Perencanaan keuangan atau planning financial dapat digunakan untuk dana darurat ataupun dan simpanan untuk jangka panjang.

Seperti yang diketahui, kehidupan tidaklah sama setiap harinya pasti akan ada naik dan turunya. Kalau kata orang – orang, hidup iabrat roda yang terus berputar. Oleh karena planning financial menjadi penting untuk kalian siapkan dengan baik.

Dalam melakukan perencaan keuangan kalian perlu mengetahui tujuan kalian dengan baik dan spesifik, kira – kira untuk jangka waktu berapa lama. Apakah termasuk jangka panjang atau jangka pendek. Dengan begitu kalian akan dapat menentukan action plan yang harus dilakukan.

Sebelum penjelasan lebih jauh, berikut hal – hal yang penting yang harus ada dalam financial planning anda;

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan hal penting yang harus kalian siapkan dalam financial planning. Mengapa? Karena asuransi jiwa berguna sebagai dana simpanan untuk hari tua nanti. Sehingga, ketika tua nanti kalian tidak lagi bekerja sebagaimana saat kalian muda, kalian dapat mencairkan asuransi jiwa kalian. Atau yang biasa dikatakan, sebagai dana pensiun kalian nanti.

Tidak hanya itu, asuransi jiwa juga menanggung terhadap risiko kemantian. Sehingga ketika kalian tidak ada, kalian tidak perlu khawatir mengenai biaya. Karena sudah ada pihak yang akan menanggung itu semua. Dan kalian dapat meningalkan sejumlah uang untuk kelangsungan hidup keluarga anda.

Dengan kata lain, asuransi jiwa merupakan asuransi yang menanggung terhadap kerugian finansial yang disebakan karena hidup terlalu lama (sudah tua) atau meninggal dunia. Sehingga dapat dikatakan, asuransi jiwa merupakan financial planning untuk jangka panjang.

2. Dana Kesehatan

Memiliki dana untuk kesehatan juga tidak kalah penting. Jika pada asuransi jiwa kalian memikirkan untuk jangka panjang, untuk dana kesehatan seperti asuransi kesehatan merupakan jangka pendek kalian.

Dengan memiliki asuransi kesehatan akan bermanfaat untuk menanggung atas risiko jika kalian mengalami kecelakan atau sakit lainnya yang mengharuskan untuk operasi dan rawat inap. Sehingga, ketika kalian sakit tidak perlu merasa khawatir akan biaya.

Menggunakan asuransi kesehatan untuk menjaga tabungan anda yang lain dan investasi lainnya. Karena, jika sewaktu – waktu kalian mendapati kecelakaan atau sakit yang cukup parah dan mengahruskan rawat inap ataupun berobat jalan, biaya tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi.

3. Dana pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan utama untuk setiap orang. Sehingga mereka dapat memiliki kemampuan ataupun pengetahuan yang akan berguna untuk kedepannya. Oleh karena itu, menyiapkan dana pendidikan perlu dilakukan.

Apalagi jika kita membahas ”seseorang” yang sudah berkeluarga, mereka perlu memikirkan dana pendidikan agar setiap anaknya mampu bersekolah dengan baik.

Untuk menyimpan dana pendidikan sudah banya cara kalian dapat menggunakan asuransi pendidikan yang dapat kalian lakukan dengan mendaftar asuransi online.