Jangan Lewatkan 5 Restauran Terbaik Ini Ketika Berkunjung ke Beijing!

Beijing sebagai ibukota dari Republik Rakyat Tiongkok memiliki keberagaman kuliner yang kental akan budaya Tiongkok. Mulai dari restoran yang menyajikan bebek Peking hingga restoran hot pot yang membuatmu tak bisa mengatakan "tidak", inilah 5 restoran teratas di Beijing yang harus kamu coba.

Hai Wan Ju

Hai Wan Ju adalah restoran yang tidak boleh kamu lewatkan ketika mengunjungi Beijing untuk pertama kalinya. Restoran ini berspesialisasi dalam mie pasta kacang tradisional Beijing. Hai Wan Ju memiliki cara menyajikan mie yang unik, hidangan pendamping disajikan terpisah dari mie, sehingga kamu dapat meracik hidanganmu sendiri. Namun jangan lupa untuk minum kaldu mie setelah selesai makan. Mie adalah bagian dari tradisi Beijing. Restoran ini juga menyediakan makanan ringan Beijing lainnya, seperti Kue Kacang.

Yanjing Wangjing Xiaoyao

Selain restoran kelas atas seperti Quan Ju De, ada juga restoran murah yang mewakili budaya makanan Beijing. Bar chuan (BBQ Tiongkok) adalah salah satu contohnya. Warga Beijing suka berkumpul bersama di Bar chuan dan berbincang sambil menikmati bir. Salah satu bar chuan paling terkenal adalah restoran Yanjing Wangjing Xiaoyao yang dikenal sate ginjal babi. Reastauran ini menemukan proses menghilangkan bau busuk ginjal. Berarti "kacamata" dalam bahasa Mandarin, yanjing menunjukkan bahwa pendiri pendiri restauran ini, Xu, adalah seorang pria yang mengenakan kacamata.

Huda Restaurant

Huda Restaurant mungkin bukanlah salah satu lokasi kuliner terbaik di antara semua restoran Sichuan di Beijing, tetapi dengan spesialisasi-nya — udang karang pedas dan kodok tumis dengan saus sambal — dan jam buka yang berlangsung hampir sampai fajar, Huda pantas mendapat gelar sebagai restauran yang patut kamu kunjungi. Restauran ini juga salah satu tempat kelahiran restoran Tiongkok modern yang buka selama 24 jam. Terlepas dari peringkatnya di antara pesaing lainnya, pecinta makanan pedas akan jatuh cinta pada Huda.

Jubaoyuan

Beijing tidak kekurangan restoran hot pot tradisional, tetapi yang paling populer, tidak diragukan lagi adalah dua cabang Jubaoyuan di Niu Jie. Dengan daging domba dan sapi berkualitas, ini adalah yang terbaik dan sangat disukai oleh para tamu. Terlebih lagi, roti wijennya yang khas, terjual habis begitu cepat sehingga restauran telah membatasi jumlah roti yang bisa dibeli oleh setiap orang. Ingatlah untuk memesan meja terlebih dahulu, karena jika tidak, kamu akan mengantri untuk mendapatkan meja.

Bistrot B

Bistrot B, restoran Prancis di Rosewood Hotel, menyediakan bagi para pelanggannya yang berlabuh dari kehidupan Beijing yang ramai dan penuh tekanan dengan lingkungannya yang hijau dan segar serta makanan lezat berkualitas tinggi. Kokinya, Jarrod Verbiak adalah murid dari koki terkenal di dunia Daniel Boulud. Seperti gurunya, Verbiak percaya pada pentingnya sumber bahan lokal. Bagi pecinta anggur, Bistrot B bahkan lebih direkomendasikan — tidak hanya memiliki gudang anggur profesional, tetapi juga memiliki koktail unik yang harus dicoba, minuman tersebut bernama Peking Paloma yang dibuat dengan tequila, grapefruit, dan abu berduri Sichuan.

 

Baca Juga: Tempat Terbaik di Tiongkok untuk Dikunjungi pada Bulan Februari