Ingin Tes TOEFL? Berikut 5 Tips Agar Kamu Lebih Siap Mengikuti Tes

Alasan mengikuti tes TOEFL bisa bermacam-macam, bisa untuk pendidikan atau pekerjaan. Masalahnya apakah kamu siap? Jika belum, berikut tips belajar untuk persiapan tes TOEFL:

Ketahui Jenis Tes

Jika kamu ingin mengejar tes TOEFL, sangatlah penting untuk mengetahui apa yang akan kamu hadapi. Untuk mencari info tentang tes TOEFL kamu bisa mengecek situs web resmi TOEFL atau lihat di blog Cakap. Dalam situs web tersebut kamu akan mendapatkan informasi tentang format dan bagian tes TOEFL.

TOEFL memiliki dua macam format tes, Tes Berbasis Komputer dan Tes Berbasis Kertas. Setiap format memiliki empat bagian tes yang terdiri dari menulis, membaca, menyimak, dan berbicara.

 

Baca Juga: Tips Lulus TOEFL Dengan Nilai Tinggi

 

Buat Target Nilai

Tujuan yang berbeda memerlukan skor minimum yang berbeda. Pertama, pastikan kamu tahu skor minimum yang diperlukan untuk mencapai tujuanmu. Lalu, pilih skor yang ingin kamu dapatkan. Tulis nilai minimum dan idealmu di selembar kertas atau kertas Post-it, dan letakkan di tempat yang kamu lihat setiap hari. Kamu bisa meletakkannya di cermin kamar mandi, di lemari es atau di dinding di dekat meja belajarmu

Pastikan skor idealmu realistis. Ini berarti memilih skor yang mungkin kamu terima, bukan skor yang terlalu tinggi. Untuk memastikan bahwa kamu dapat menerima skor idealmu, ikuti tes simulasi TOEFL online atau mengikuti kursus persiapan TOEFL.

 

Suasana Belajar

Lingkungan belajar yang baik penting untuk mencapai skor yang kamu inginkan. Gunakan tips ini untuk membuat ruang belajarmu sendiri:

  • Temukan tiga lokasi belajar ideal Kamu. Mungkin kamarmu, perpustakaan, kafe, kantormu, ruang tamu atau di mana pun asalkan kamu merasa. Mengapa tiga? Jika Kamu merasa tidak termotivasi di kamar suatu hari, maka Kamu selalu dapat lebih ke perpustakaan atau tempat kopi favoritmu, misalnya.
  • Buat zona tenang. Saat memilih lokasi belajarmu, buat ruang tanpa gangguan. Beri tahu keluarga dan teman bahwa kamu sedang belajar sehingga mereka tidak akan mengganggu. Matikan ponselmu dan matikan media sosial ketika belajar.
  • Jaga agar ruang belajarmu bersih dan teratur. Bersihkan meja belajar dan atur file-mu. Pastikan alat tulis berfungsi dengan baik.

 

Materi Belajar

Materi belajar tes TOEFL cukup mudah didapatkan. Kamu bisa membeli buku latihan tes TOEFL di toko buku atau mengunduhnya di internet. Jangan lupa siapkan kamus untuk memperkaya jumlah kosakata bahasa Inggris. Selain materi, kamu juga membutuhkan umpan balik. Kamu bisa mengukur kemampuanmu dengan tes simulasi TOEFL online atau meminta teman atau rekan yang lebih ahli dalam bahasa Inggris.

 

Tutor

Kamu tidak harus menghadapi ini sendirian. Kamu bisa mendapatkan dukungan dari teman sebaya, keluarga, atau guru di sekolah. Jika dirasa masih kurang, kamu bisa meminta bantuan dari tutor bahasa Inggris.

Manfaat memiliki guru atau tutor adalah nasihat dan dukungan yang berkualitas dan profesional yang akan kamu terima. Orang-orang ini berpengalaman dalam menjelaskan aturan tata bahasa, dapat memberimu latihan dan bantuan khusus.