4 Alasan Mengapa Waterproofing Sangat Penting

Waterproofing menjadi salah satu cara untuk mengatasi atap bocor tapi masih sering terabaikan. Atap yang tidak diberi waterproofing cenderung mudah rembes, terutama di musim penghujan. Terdapat berbagai manfaat dari setiap jenis waterproofing yang tersedia. Lantas, mengapa waterproofing sangat penting? Berikut alasannya!

Manfaat Waterproofing

Ketahuilah bahwa waterproofing memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk rumah Anda, terutama bagian interior. Waterproofing juga memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Berikut manfaat waterproofing yang menjadi alasan mengapa Anda harus menggunakannya.

1. Melindungi Interior dari Kerusakan Air

Bagian interior rumah biasanya terpapar oleh banyak elemen cuaca yang tidak terduga, seperti sinar matahari dan hujan. Bagian ini termasuk lantai, dinding, dan langit-langit. Dinding yang terbuat dari baja, beton, dan lain-lain berisiko retak dan berkarat dari waktu ke waktu. Waterproofing akan melindungi bagian interior rumah dari kerusakan akibat rembesan air, sehingga hunian Anda lebih kokoh. 

2. Mencegah Terjadinya Penyakit

Ketika rembesan air hujan diserap dinding dan langit-langit, kemudian akan menyebabkan pertumbuhan jamur. Spora tersebut tentu tidak memberikan efek negatif bagi kesehatan penghuni rumah. Spora diproyeksikan ke udara yang ketika Anda bernapas akan langsung masuk ke dalam paru-paru. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa waterproofing sangat penting supaya Anda dan keluarga terhindar dari penyakit yang tidak terduga. 

3. Menghemat Uang

Manfaat waterproofing yakni mengurangi risiko atap bocor, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran lebih untuk mengganti genteng atau memanggil tukang bangunan. “Sedia payung sebelum hujan”, karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Waterproofing menjadi cara terbaik untuk melakukan investasi jangka panjang.

4. Menghadirkan Kenyamanan Jangka Panjang

Waterproofing bermanfaat untuk mengamankan konstruksi hunian Anda lebih awal demi meningkatkan kenyamanan jangka panjang. Mereka akan membuat rumah lebih nyaman untuk ditinggali dan menyediakan fondasi untuk pekerjaan lanjutan di masa mendatang dengan mengurangi kelembaban pada interior bangunan. 

Itu dia alasan mengapa waterproofing sangat penting bagi rumah Anda. Dengan memasang waterproofing, atap rumah akan terhindar dari kebocoran dan rembes. Jangan lupa kunjungi website toko bangunan dan toko material online BBP Indonesia untuk menemukan berbagai alat perkakas yang dijual dengan harga terjangkau.

Baca Juga : Apa itu Void Rumah?