Ingin Mencoba Bisnis Online? Perhatikan Hal Penting Berikut!

Tidak dapat dipungkiri lagi, toko online di Indonesia mengalami peningkatan pesat seiring dengan tingginya daya beli masyarakat. Mobilitas yang tinggi membuat kebanyakan masyarakat lebih memilih berbelanja sambil duduk manis tanpa harus berpegal-pegal ria mengelilingi sebuah mall hanya untuk membeli sebuah baju. Saking banyaknya keuntungan yang bisa dihasilkan, tidak sedikit anak muda yang juga memulai bisnis online. Tapi sebelum memulai, perhatikan hal-hal penting berikut.

  • Fokus

Ketika ingin memulai bisnis secara online, kamu harus fokus barang atau jasa apakah yang ingin kamu jual. Jangan sampai kamu mengiklankan tempe tetapi yang kamu jual malah oncom. Carilah produk yang kamu pahami dan pelajari seluk beluk produk tersebut, lakukan riset sehingga kamu dapat meminimalisir kesalahan sejak awal.

  • Promosi Yang Aktif

Kesuksesan bisnis online ditentukan oleh baik atau tidaknya kamu melakukan promosi, baik di media sosial atau dengan secara langsung membicarakannya dengan teman-temanmu. Promosi yang baik di media sosial seperti Instagram tentunya akan meningkatkan penjualan dan bisnismu jadi semakin laku!

  • Pajak

Kabarnya Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani akan menerapkan pajak bagi toko online baik yang berbasis e-commerce maupun yang ada di platform media sosial seperti Instagram. Walau dikenakannya pajak pada toko online belum diketahui kapan mulai berlakunya, kamu harus menyiapkan keperluan dalam hal tersebut. Kamu bisa berkonsultasi dengan konsultan pajak Indonesia kalau kamu memang benar-benar ingin membuka bisnis online yang besar.