Jenis-Jenis Instalasi Kabel Listrik Untuk Rumah

Rumah, apartemen, atau perkantoran tentunya membutuhkan arus listrik untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Biasanya dalam penggunaan kabel listrik pemilik rumah tidak banyak yang paham tentang jenis-jenis kabel listrik yang digunakan. Pada umumnya hanya mengetahui fungsi kabel listrik sebagai penghantar arus listrik.

Ini dia beberapa jenis kabel listrik yang biasa dipakai untuk instalasi rumah.

 

Kabel NYM

Kabel jenis ini biasanya digunakan untuk instalasi di dalam bangunan dimana penempatannya dapat dipasang diluar atau didalam tembok. Kabel jenis NYM memiliki lapisan isolasi dengan warna putih dan abu-abu. Kabel ini pun tahan terhadap lingkungan yang bersifat kering dan basah.

 

Kabel NYY

Kabel berikut adalah jenis NYY yang mana biasanya digunakan untuk instalasi tetap didalam tanah dan tetap harus diberikan protector khusus misalnya pipa atau duct untuk melindungi kabel. Kabel jenis NYY memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dibandingkan kabel jenis NYM.

 

Kabel NYMHY

Kabel jenis NYMHY adalah kabel yang umumnya digunakan sebagai penghubung alat-alat rumah tangga. Kabel ini memiliki lapisan isolasi yang terbuat dari plastic tahan panas.

 

Kabel NYAF

Kabel NYAF merupakan kabel yang dirancang untuk instalasi panel yang membutuhkan fleksibilitas yang tinggi. Kabel ini biasanya dimasukan dalam duct atau pipa dan cocok untuk tempat yang memiliki belokan karena sifatnya yang fleksibel. Umumnya kabel ini cocok digunakan untuk lingkungan yang bersifat kering.

 

SUTRADO KABEL – Cable Indonesia for home and industry.